Jumat, 11 Juli 2014

Tanggung Jawab dan Ketenaran

Pagi ini setelah jogging di seputaran renon yang sepi dibanding biasanya, saya kembali ke kamar dan 'browsing' channel TV. Sebagai orang yang tidak loyal pada satu station TV atau acara TV saya akan berhenti pada acara yang membuat saya bertahan beberapa detik dan tentunya minim iklan. Apa yang menarik pagi ini? Sebuah cerita sinetron India tentang para Dewa, saya menangkap ada percakapan antara Dewa Siwa dan Rajapati yang disebut sebagai putra Brahma. 


Kata-kata yang menghentikan jari-jari tangan saya menekan tombol anak panah pada bagian channel adalah begini, Dewa Siwa berkata-kata 'Membuat bumi menjadi layak untuk di tempati dengan membuat peraturan adalah tugas dan tanggung jawab Rajapati, dan engkau Rajapati sudah mendapatkan ketenaran atas itu. Namun, lihatlah sekitarmu, Matahari yang menyinari, udara yang engkau hirup, Hujan yang menyirami bumi, apakah mereka juga menyatakannya kepada dunia. Aku tidak memberi dan Aku tidak mengambil apapun dari dunia ini. Namun, jika ada tiran yang mengatasnamakan dharma, Aku pasti akan menghancurkannya'. What a strong and at the same time wise statement.

pict courtessy of pangeran229.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar